News / PEMBINAAN
15 Februari 2021

Aku Tidak Terlambat Menjawab Panggilan-Nya

 

Hay sobat-sobat Yesus yang luar biasa, perkenalkan, nama Saya Katarina Maria Penny, biasa disapa Katarina/ Penny. Saya berasal dari kota Semarang, paroki St. Maria Materdei. Saya sekarang tinggal di kota Salatiga sebagai postulant SND. Saya merasa bangga dan bahagia tinggal di rumah yang membuat saya merasa damai dan semakin dekat dengan Tuhan.

Sebelum masuk postulan pada tanggal 30 Januari 2021 di kota Salatiga, saya menjalani masa aspiran di Purbalingga bersama dua teman yang didampingi oleh Sr. M. Goreti SND. Kami bertiga memiliki latar belakang yang berbeda; baik secara usia, budaya dan bahasa. Dalam perbedaan  Tuhan sedang merenda  kami sebagai calon Suster Notre Dame.  Awalnya saya merasa minder dan kurang percaya diri berteman dengan kedua teman. Kadang muncul dalam benak saya, “Apakah saya terlambat menjawab panggilan Tuhan?” karena perbedaan usia yang sangat jauh antara saya dan mereka. Dengan berjalannya waktu,  saya berusaha menepis perasaan ini dengan selalu mensyukuri bahwa Tuhan mencintai saya sama seperti mereka. Jawaban yang saya temukan adalah: Aku tidak terlambat menjawab panggilan-Nya, namun kesempatan itu baru saya terima saat ini. Saya tak pernah menyalahkan waktu atau menyalahkan orang lain, tetapi saya menerima semuanya ini sebagai berkat dari Tuhan.

Kami melewati masa aspiran dengan begitu banyak cerita, baik itu yang menjengkelkan, menyenangkan, bahkan membuat kami kadang tertawa. Pengalaman yang tak pernah saya lupakan adalah memasak. Kadang kala masakan saya masih mentah, bahkan terlalu mateng; boleh dikatakan menjadi bubur. Saya juga memiliki pengalaman pertama bersama teman-teman membuat gaplek sampai menjadi tiwul. Dari pengalaman-pengalama sederhana ini, saya belajar untuk rendah hati dan teliti. Tuhan memberi saya begitu banyak kesempatan untuk belajar dan terus belajar.  Semoga masa postulant ini, saya semakin membuka hati dan membiarkan Dia yang berkarya melalui para suster formator maupun setiap dinamika yang saya alami. Amin

 

 

By Katarina Penny

 

 

 

SHARE THIS ON: