News / Kegiatan Komunitas
27 November 2016

ADVEN

ADVEN berasal dari kata Adventus (bahasa latin) yang berarti kedatangan. Maka masa Adven diartikan sebagai Masa Menantikan Kedatangan Sang Juru Selamat, Sang Raja Damai, Tuhan dan Raja Semesta Alam, yaitu Tuhan Yesus Kristus.   

Ciri-ciri masa Adven adalah adanya Corona  Adven atau lingkaran Adven, yang memiliki beberapa makna :

  1. Lingkaran melambangkan Cinta Tuhan yang tak berkesudahan, selain itu juga melambangkan penantian penuh harapan akan keselamatan dan kebahagiaan dari manusia.
  2. Daun Cemara warna hijau lambang harapan manusia
  3. Pita ungu lambang pertobatan
  4. Lilin melambangkan 4 minggu masa adven :
  • Lilin I berwarna ungu disebut juga lilin Nubuat Para Nabi yang mengingatkan bahwa kedatangan Sang Raja Damai, yaitu Yesus Kristus sudah diwartakan oleh para nabi.
  • Lilin II berwarna ungu disebut Lilin Betlehem yang mau menegaskan dimana Sang Juru Selamat akan dilahirkan.
  • Lilin III berwarna merah muda disebut Lilin Gembala yang melambangkan bahwa pemberitaan tentang kelahiran Sang Juru Selamat untuk pertama kalinya kepada orang-orang yang tulus dan rendah hati.
  • Lilin IV  berwarna ungu disebut juga Lilin Malaikat yang menggambarkan tentang kabar kebahagiaan/sukacita besar bagi kita yang menyambut kedatangan Sang Juru Selamat dengan iman.

Komunitas-komunitas SND di provinsi Indonesia  mempunyai caranya masing-masing dalam menyambut masa adven ini.

Komunitas Marganingsih – Lasem

Dua Aspiran yang sedang membantu di komunitas Lasem, berkesempatan membantu dalam persiapan adven, Monik membuat corona Adven sedangkan Evi menyiapkan  adven dengan menginclongkan tabernakel.

Komunitas Santo Agustinus – Purbalingga

Berhubung semua suster sibuk bertugas di tempat masing-masing, maka Sr Irma sebagai pimpinan komunitaslah yang menyiapkan dan membuat corona Adven sendiri.

 

Komunitas rumah induk – Pekalongan

Komunitas rumah induk adalah komunitas dengan jumlah anggota terbanyak, maka para susternya bahu membahu menyiapkan corona adven bersama-sama. Sebagai pembukaan Adven komunitas mengadakan ibadat adven bersama di refter pada sabtu malam dengan menyalahkan lilin pertama sebelum makan malam.

Selanjutnya pendalaman iman adven dilakukan di kelompok doa masing-masing.

 

Komunitas Sta Theresia – Rembang

Berhubung hanya berdua saja di komunitas maka kami mengawali adven pertama dengan ibadat adven dan menyalakan lilin  adven 1. Sr laurensa mengiringi dengan organ, Sr yulita menyanyikan kemudian menyalahkan lilin yang pertama. Kegiatan selama adven bergabung dengan lingkungan.

 

 

Komunitas Sto Rafael – Tawangmangu

Tidak ada doa khusus dalam menyambut masa adven ini selain membuat corona adven yang diletakan di kapel. Penyalahan lilin di lakukan pada saat ibadat bersama.

Pendalaman Adven di wilayah BHK Grand wisata yang pertama di lakukan di komunitas SND Grand Wisata.

SHARE THIS ON:
COMMENT