News / Kegiatan Provinsi
3 Maret 2018

     Apa yang dapat kami katakan dengan pemaknaan  retret Kristologi di dalam Konstitusi  SND  Coesfel untuk  31 Suster lansia di Provinsi Bunda Penasehat  Yang  Baik  di Indonesia,  yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 25 Februari 2018, di Rumah Retret Sangkal Putung, Klaten Jawa Tengah. Yang dibimbing oleh Sr.M. Monika SND sebagai provincial SND dan Sr. Marsela SND sebagai pendamping.

 

Sr. M. Monika, SND, Pembimbing retret                                                                                                                                   Para  Suster   peserta  retret 

Dinamika pertumbuhan dan perkembangan Firman Allah yang hidup di dalam Missi dan Karya Yesus, membuahkan berbagai macam anugerah rahmat Roh Kudus, yang membimbing dan yang memberi pencerahan dalam berbagai macam karya perutusan dari setiap anggota Kongregasi SND Coesfeld Jerman yang di terjemahkan di dalam Konstitusi, dan yang dijabarkan didalam materi retret Kristologi dalam Konstitusi.

     Minggu 18 Februari 2018, Hari pertama pembukaan retret, diawali dengan Misa kudus bersama umat. Dalam bacaan Injil kami disadarkan, bawa dalam retret, dengan bimbingan Roh Kudus, kami bersama Yesus masuk ke padang gurun pertobatan, untuk menelusuri hidup, sejauh mana, kami taat setia menjalankan missi Yesus, dan rencana Allah, dalam menjalankan karya perutusan kami masing-masing.

Sharing dalam kelompok

 

 

 

Foto bersama para ketua kelompok

 

 

 

 

 

 

 

Lilin sebagai symbol pencerahan Roh Kudus, Sambil menyalakan  lilin, para Suster membacakan  dalam kertas masing-masing, Rahmat apa yang telah  para Suster terima  selama menjalani retret.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     Misa penutupan retret dilaksanakan pada hari Minggu 25 Februari 2018  jam 11.00. pagi. Pesan dalam homily adalah : Bahwa kami semua adalah anak-anak yang dikasihi Allah. Seperti  Allah berjanji kepada Abraham, begitu juga Allah berjanji kepada kami semua, bahwa “ Melalui keturunan-mulah segala bangsa di bumi akan mendapat berkat, sebab engkau mentaati Sabda-Ku “   ( Kej. 22: 18 )

     Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita ?  ( Rom. 8: 11.b )

     Yesus tidak pernah terpengaruh oleh hal-hal yang bisa mengganggu dan membelokan misi  perutusan Yesus dari Allah Bapa. Juga kita, bila kita tergoda oleh hal-hal yang bertentangan dengan misi perutusan kita, ingatlah:  “ Dengarkanlah Dia ( Yesus ) “   ( Mark. 2: 7.b )

     Sesudah makan siang kami kembali ke komunitas kami masing-masing.

Ditulis oleh: Sr.M.Syaloma, SND

1 Maret 2018

SHARE THIS ON:
COMMENT